MENGUBAH HARDISK INTERNAL MENJADI EKSTERNAL

Magetan-it.Org -
Oke, berikutnya saya akan berbagi tips untuk merubah dan memodifikasi hardsik dari internal ( hardisk untuk PC ya bukan laptop ) menjadi eksternal yang bisa di colokan melalui USB port selayaknya hardisk eksternal biasa.

Latar belakang pembuatan artikel ini :
1. saya mempunyai hardisk SATA dengan besar kapasitas 40 GB yang tidak terpakai
2. Ingin punya media penyimpanan data yang besar tapi duit ndak cukup buat beli HDD eksternal ( merek buffalo ukuran 500 GB kalau ndak salah harganya 700rb )
3. ndak pernah ada point ketiga kecuali bener-bener penting, intinya cuman dua itu tok kok hihihihihihhii

Lantas apa saja syarat yang mutlak di perlukan untuk bisa merubah hardisk internal menjadi eksternal ?
1. Hardisk anda harus SATA bukan ATA , apa bedanya mas ? bedanya secara fisik mudah sih, bisa di lihat di Jumper Pin setting aja untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di link berikut ini biar saya ndak koopas tutorial orang ya hehehe, atau googling aja di sini, langsung ke lokasi keyword kok.



contoh hardisk yang saya gunakan untuk praktik, klik pada gambar jika ingin memperjelas

2. Kapasitas hardisk yang akan di gunakan minimal 40 GB ( biar anda ndak percuma beli hardware tambahan ) alasanya, kalau hardisk bekas anda yang mau di jadikan eksternal hanya memiliki kapasitas 5 GB sampai 8 GB, ya mending beli flashdisk mas bro dan mbak bra, soale harga FD dengan kapasitas itu cukup murah, paling cuman 80 rb aja untuk yang 8 GB, tapi harga tergantung merek juga sih.
3. ndak ada point ke tiga :) cuman dua di atas itu aja yang penting hahahaha

Hardware tambahan :
 Anda harus mencari alat yang di sebut IDE SATA to USB converter harganya sekitar 45 ribu atau lebih murah kok, alat ini terdiri dari dua bagian yang bisa anda lihat di gambar berikut ini



nah gambar di atas itulah yang di sebut dengan IDE SATA to USB converter, terdapat dua kepala satu kepala berwana hitam, berfungsi untuk membaca port IDE SATA yang ada di hardisk, kepala berwana putih berfungsi untuk komunikasi hardware dengan PC melalui port USB.



( yah, plester koyok cabe nya ikut kefoto >.< koyok cabe = red hot chili paper )

Hardware kedua adalah adapter, adapter ini berfungsi sebagai pemasok energi listrik agar piringan hardisk bisa berputar dan isi data bisa terbaca oleh software ( tentu software pembaca data yang saya maksud di sini adalah explorer.exe karena kita tidak membutuhkan driver macem2 untuk menjalankan hardisk eksternal ini )

seperti yang kita tau, hardisk internal kan membutuhkan pasokan tenaga dari kabel power yang ada di CPU, nah karena si hardisk tidak lagi terhubung dengan matherboard, maka kita membutuhkan kabel power sendiri, kalau ndak di kasih adapter, si hardisk bakalan terbakar.




Langkah terakhir adalah, pasang IDE SATA to USB converter jack pada poet IDE cable dan pasang kabel power eksternal yang sudah di include kan adapternya ke Port Kabel Power, dan jadi deh, hardisk internal anda siap di gunakan sebagai hardisk eksternal.

Agar data bisa terbaca, anda harus menancapkan adapter ke sumber listrik ( orang jawa bilang "colokan listrik" atau saklar kalau menurut orang pinter, tapi secara pribadi saya menyebut itu cop-copan kabel aja deh  :p ) setelah piringan hardisk bisa berputar, yang di tandai dengan suara berisik dari dalam hardisk, selanjutnya tancapkan kabel USB ke laptop atau komputer anda dan mulailah pemindahan data selayaknya memakai HDD eksternal biasa.

Kelebihan dan kekurangan

[+] bisa di gunakan di semua hardisk SATA, ndak hanya satu HD itu saja, jadi jika anda berniat mencuri data kantor, lepas aja hardisk nya, bawa pulang, lalu pasangin hardware ini dan pindah isinya ke laptop anda di rumah, asal ndak menghapus file-file system, maka HD kantor anda masih bisa normal di pasang kembali di PC kantor keesokan harinya.
[+] Lumayan lah, daripada HD nganggur kan bisa di gunakan sebagai tempat backing UP file-file di PC anda dan setiap saat file tersebut bisa di tampilkan lagi tanpa harus bongkar pasang CPU.
[+] sebagai alternatif bagi yang membutuhkan banyak sekali media penyimpanan portabel
[-] Agak repot sih, haris bawa kabel dan saklar listrik kemana-mana jika ingin menggunakan HDD baru anda ini
[-] terkadang arus listrik tegangan rendah bisa mengagetkan anda, ini di sebabkan karena hardisk dalam keadaan telanjang dan bisa menyengat ( dalam kasus tertentu saja ) saat di sentuh.
[-] sementara saya hanya tau untuk SATA, jadi bila Pin set HDD anda adalah ATA, entah alat nya ada apa enggak.

semoga bermanfaat yah dan salam dari magetan.


Protected by Copyscape Online Copyright Protection
ATURAN KOPAS : Sebelum menyalin konten di blog ini, sempatkan untuk meminta ijin admin ke bl4ck.cmd@gmail.com pastikan anda menyertakan link sumber dan melakukan rewrite, jika di gunakan sebagai referensi buku atau skripsi, letakan di daftar pustaka. Hindari plagiarisme dan penulisan sumber yang tidak jelas seperti SUMBER = INTERNET dan sejenisnya, penjiplakan tanpa ijin akan di report ke google atau mengalami nasib seperti Blogger berikut ini , menerima konsekwensi memalukan karena tidak menghargai karya orang lain
You Know The Risk ^_^

Related Article:

13 comments :

topeng.Ae said...

Nice info gan,, :D
Law buat ata kn disitu udah ada portnya,, ndak perlu tambah2 kabel.. Hehe...

Always blogwalking here... :-)

topeng.AE said...

Nice info Gan,, :D
Law buat hardisk ide/ata kn disitu udah ada, gk usah nambah2 kabel.. Labih gampang,, :)

Always blogwalking here.. :-)

duta reog gempar said...

Jual harddisk eksternal portable merk toshiba canvio 500GB! Usb 2.0 n 3.0 Cod maospati, madiun hub 085749636777

sigit andrian said...

Bagus infonya gan . . . N thank ya atas ilmunya ^ ^ ,tp menurut saya pribadi aja hehehe . . . Mending beli hdd external uk 40 gb ,mungkin setara hrganya sma yg bkin di atas ,lum beli kabel ide, dan abdaptornya . . .

PEACE AND LOVE said...

mas saya sudah mencoba hal ini dua kali, untuk drive cd/dvd rom memang aman. tapi untuk hdd selalu meledak adaptornya/pwr suplynya.

Um umkha said...

mas bro ...
kalau fungsi hardisk dirubah ke flasdisk pernah coba ???
jadi pc gakpake hardisk lagi cukup menggunakan flasdisk saja,
tapi saya bingung . supaya flasdisknya kebaca di bios gmn ??? kan ada tuh pilihan sata 1, sata 2.
tapi gak ada untuk flasdisk .
mohon bantuannya yaa...

pengguna said...

MUNGKIN MAKSUD ANDA SEPERTI LIVE USB ITU YA ? BISA KOK, MAKE FLASHDISK UKURAN 2 GB AJA UDAH BISA DI PAKE LIVE USB, KALAU PAS DI BIOS NDAK TERDETEKSI FLASHDISK NYA, MUNGKIN ITU KARENA PROGRAM BIOS YAN GINCLUDE DI MATHERBOARD ANDA MEMANG NDAK SUPPORT MAS, BIASANYA UNTUK mb BIOSTAR VERSI BERAPA GTULOH ADA YANG NDAK BISA DETEK FLASDISK / REMOVABLE MEDIA PAS MASUK BIOS, TAPI UNTUK PC/LAPTOP KELUARAN TERBARU UDAH BISA - KAYAKNYA

fafa-fawwazadi said...

Bisa di harddisk ATA nggak?

ahmad muazim abidin said...

kalo harga kabel powernya berapa mas?

dwi setiyobudi said...

gan, pnya ane kok gk bisa ya..? adapter+yg lainya sma kyk di gambar, gk bisa baca di toshiba N205, netbok pke XP, padahl di laptop mac yg pke win7 bisa baca.
mohon pencerahanya

dwi setiyobudi said...

gan, di netbook toshiba nb205 ane kok gk bisa baca ya, alat yg digunakan kykna sma kyk yg di gambar, netbook pke win XP, trus ane coba di Mac temen bisa ke baca tp pke alat yg beda.

Club M said...

usb to ide, itu fungsi gak ke HD ATA?

Fikri Fauzan said...

mau tanya dong
saya pake driver-r itu pas mindahin data, tapi saat hard disknya saya gunakan jadi internal kembali, data yg saya copy jadi tidak bisa dibuka
malah minta format

adakah solusi untuk mengatisnya agar data yang saya copy saat menggunakan driver-r bisa terbaca saat digunakan menjadi internal?
terimakasih